Pengertian komunikasi
Pengertian
Komunikasi Secara Umum adalah
proses pengiriman dan penerimaan pesan atau informasi antara dua individu atau
lebih dengan efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah. Istilah komunikasi dalam
bahasa inggris disebut communication,
yang berasal dari kata communication atau communis yang memiliki arti sama atau sama yang
memiliki makna pengertian bersama. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia,
pengertian komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita dari
dua orang atau lebih agar pesan yang dimaksud dapat dipahami.
Pengertian Komunikasi menurut definisi James A.F.Stoner adalah proses dimana seseorang berusaha memberikan pengertian dengan cara pemindahan pesan. Sedangkan menurut definisi Prof. Drs. H.A.W. Widjayayang mengatakan bahwa pengertian komunikasi adalah hubungan kontak antar dan antara manusia baik individu maupun kelompok.
Pengertian Komunikasi menurut definisi James A.F.Stoner adalah proses dimana seseorang berusaha memberikan pengertian dengan cara pemindahan pesan. Sedangkan menurut definisi Prof. Drs. H.A.W. Widjayayang mengatakan bahwa pengertian komunikasi adalah hubungan kontak antar dan antara manusia baik individu maupun kelompok.
teori komunikasi
Agenda Setting Theory
Teori ini menetapkan titik temu
antara asumsi media tentang kebutuhan publik akan informasi dan harapan publik
terhadap informasi yang disajikan oleh media. Tetapi ini tidak selalu berhasil,
dan yang kerap teradi adalah media mensetting pikiran khalayak. Jadi apa yang
dianggap penting oleh media, maka akan dianggap penting pula oleh masyarakat.
Teori Hypodermic Needle Theory
Audiens (Receiver/R) dalam teori
ini dipandang bersikap pasif dan segala informasi yang diterima, dengan
sendirinya juga audiens terpengaruhi sikapnya. Makanya teori ini disebut teori
jaum hipodermik, karena daya serap audiens yang efektif seperti sedang menerima
suntikan. Pada dasarnya, model ini berpendapat bahwa pesan langsung diterima
dan seluruhnya diterima oleh penerima.
Teori perbedaan individu
Setiap orang memiliki daya selektifitas yang tinngi
dalam menerima terpaan media massa sehingga antara satu individu dengan
individu lainnya berbeda dalam menerima informasi dari media tersebut. Bukan
menonton demo buruh, tergantung kelompok).
Teori kategori sosial
Kumpulan, kelompok, atau kategori-kategori sosial
yang ada di masyarakat akan memberikan tanggapan yang seragam terhadap terpaan
media.
Spiral of Silence Theory
Teori memandang adanya
kecenderungan minoritas mengambil sikap diam di tengah situasi yang didominasi
mayoritas. Diam dapat berarti, menyesuaikan pendapat dengan mayoritas atau
menyembunyikan pendapat agar tidak terisolasi dalam kepungan mayoritas.
Diffusion of Innovation Theory
Teori ini menempatkan orang yang
memiliki informasi atau penemuan sebagai orang yang memiliki potensi
mempengaruhi secara massal. Pada pilihan yang inovatif: Sebuah Analisis
Ekonomi dari Dinamika Teknologi, Mario Amendola dan Jean-Luc Gafford
bandingkan proses inovasi dengan difusi dari inovasi sebagai “sejauh dan
kecepatan yang akan digunakan untuk melanjutkan ekonomi yang unggul untuk
mengadopsi teknik. Difusi atau penyesuaian ini dapat seketika atau bertahap.
Jenis-Jenis Komunikasi :
1.Komunikasi Intrapribadi
Komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication) adalahkomunikasi dengan diri sendiri, baik kita sadari atau tidak. Misalnya berpikir.
Komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication) adalahkomunikasi dengan diri sendiri, baik kita sadari atau tidak. Misalnya berpikir.
2.Komunikasi Antarpribadi
Komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan respon verbal maupun nonverbal berlangsung secara langsung. Bentuk khusus komunikasi antarpribadi ini adalah komunikasi diadik (dyadic communication) yang hanya melibatkan dua individu,misalnya suami- istri, dua sejawat, guru-murid. Ciri-ciri komunikasi diadik adalah pihak- pihak yang berkomunikasi berada dalam jarakyang dekat; pihak-pihak yang berkomunikasi mengirim dan menerimapesan secara langsung dan simultan.
Komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan respon verbal maupun nonverbal berlangsung secara langsung. Bentuk khusus komunikasi antarpribadi ini adalah komunikasi diadik (dyadic communication) yang hanya melibatkan dua individu,misalnya suami- istri, dua sejawat, guru-murid. Ciri-ciri komunikasi diadik adalah pihak- pihak yang berkomunikasi berada dalam jarakyang dekat; pihak-pihak yang berkomunikasi mengirim dan menerimapesan secara langsung dan simultan.
3.Komunikasi Kelompok (Kecil)
Komunikasi kelompok merujuk pada komunikasi yang dilakukan sekelompok kecil orang (small-group communication). Kelompok sendiri merupakan sekumpulan orang yang mempunyai tujuan bersama, yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuanbersama, saling mengenal satu sama lain, dan memandang mereka sebagai bagian dari kelompok tersebut. Komunikasi antarpribadi berlaku dalam komunikasi kelompok.
Komunikasi kelompok merujuk pada komunikasi yang dilakukan sekelompok kecil orang (small-group communication). Kelompok sendiri merupakan sekumpulan orang yang mempunyai tujuan bersama, yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuanbersama, saling mengenal satu sama lain, dan memandang mereka sebagai bagian dari kelompok tersebut. Komunikasi antarpribadi berlaku dalam komunikasi kelompok.
4.Komunikasi Publik
Komunikasi publik adalah komunikasi antara seorang pembicara dengan sejumlah orang (khalayak), yang tidak bisa dikenali satu persatu. Komunikasi publik meliputi ceramah, pidato, kuliah, tabligh akbar, dan lain-lain. Ciri-ciri komunikasi publik adalah: berlangsung lebih formal;menuntut persiapan pesan yang cermat, menuntut kemampuanmenghadapi sejumlah besar orang; komunikasi cenderung pasif; terjadi di tempat umum yang dihadiri sejumlah orang; merupakan peristiwayang direncanakan; dan ada orang-orang yang ditunjuk secara khususmelakukan fungsi-fungsi tertentu.
Komunikasi publik adalah komunikasi antara seorang pembicara dengan sejumlah orang (khalayak), yang tidak bisa dikenali satu persatu. Komunikasi publik meliputi ceramah, pidato, kuliah, tabligh akbar, dan lain-lain. Ciri-ciri komunikasi publik adalah: berlangsung lebih formal;menuntut persiapan pesan yang cermat, menuntut kemampuanmenghadapi sejumlah besar orang; komunikasi cenderung pasif; terjadi di tempat umum yang dihadiri sejumlah orang; merupakan peristiwayang direncanakan; dan ada orang-orang yang ditunjuk secara khususmelakukan fungsi-fungsi tertentu.
5.Komunikasi Organisasi
Komunikasi organisasi (organizational communication) terjadi dalam suatu organisasi, bersifat formal dan informal, dan berlangsung dalam jaringan yang lebih besar dari komunikasi kelompok. Komunikasi organisasi juga melibatkan komunikasi diadik, komunikasi antarpribadi, dan komunikasi publik tergantung kebutuhan.
Komunikasi organisasi (organizational communication) terjadi dalam suatu organisasi, bersifat formal dan informal, dan berlangsung dalam jaringan yang lebih besar dari komunikasi kelompok. Komunikasi organisasi juga melibatkan komunikasi diadik, komunikasi antarpribadi, dan komunikasi publik tergantung kebutuhan.
6.Komunikasi Massa
Komunikasi massa (mass communication) adalah komunikasi yangmenggunakan media massa cetak maupun elektronik yang dikelola sebuah lembaga atau orang yang dilembagakan yang ditujukan kepada sejumlah besar orang yang tersebar, anonim, dan heterogen. Pesan- pesannya bersifat umum, disampaikan secara serentak, cepat dan selintas.
Komunikasi massa (mass communication) adalah komunikasi yangmenggunakan media massa cetak maupun elektronik yang dikelola sebuah lembaga atau orang yang dilembagakan yang ditujukan kepada sejumlah besar orang yang tersebar, anonim, dan heterogen. Pesan- pesannya bersifat umum, disampaikan secara serentak, cepat dan selintas.
Proses Komunikasi
Proses komunikasi adalah bagaimana
komunikator menyampaikanpesan kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan
suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya. Proseskomunikasi
ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang efektif (sesuai dengan tujuan
komunikasi pada umumnya). Proses komunikasi, banyak melalui perkembangan.
Proses komunikasi dapat terjadi apabila ada interaksi antar manusiadan ada penyampaian pesan untuk mewujudkan motif komunikasi.
Tahapan proses komunikasi adalah sebagai berikut :
1. Penginterpretasian.
2. Penyandian.
3. Pengiriman.
4. Perjalanan.
5. Penerimaan.
6. Penyandian balik.
7. Penginterpretasian.
Proses komunikasi dapat terjadi apabila ada interaksi antar manusiadan ada penyampaian pesan untuk mewujudkan motif komunikasi.
Tahapan proses komunikasi adalah sebagai berikut :
1. Penginterpretasian.
2. Penyandian.
3. Pengiriman.
4. Perjalanan.
5. Penerimaan.
6. Penyandian balik.
7. Penginterpretasian.
Contoh
nyata Komunikasi
seorang
pembicara di dalam seminar bernama joni sedang berbicara di depan panggung
kepada penonton. Dalam contoh ini joni sebagai sender sedangkan penonton
sebagai receiver. Kemudian joni mengirimkan pesan dengan berbicara langsung
kepada penonton, penonton mendengar menerima langsung pesan joni, kemudian
penonton menerjemahkan isi pesan tersebut dengen pemikirannya, apabila tidak
mengerti bisa di tanyakan kepada joni sebagai pembicara.
komunikasi efektif
Berlangsung
secara timbal balik.
Dalam
contoh terjadi timbal balik berupa penonton yang bertanya
-
Makna pesan ringkas dan jelas.
Penonton
memahami pembicaraan merupakan penyampaian yang bermakna
-
Bahasa mudah dipahami.
Pembicara
meggunakan bahasa sehari-hari yang bersifat formal
-
Cara penyampaian mudah diterima.
Pembicara
mempunyari cara penyampaiannya yang mudah di pahami
komunikasi tidak
efektif
pembawaan
pemicara yang membosankan
penyampaian
yang satu arah
penonton
tidak di beri kesempatan untuk bertanya
Refrensi :
http://chalouiss.blogspot.co.id/2011/12/pengertian-tujuan-bentuk-dan-unsur.html#sthash.UJJD7AiN.dpuf
Komentar
Posting Komentar